Bagaimana sebaiknya anda mengamankan password ¤ COSOFT INTIMEDIA

Bagaimana sebaiknya anda mengamankan password

Bagaimana sebaiknya anda mengamankan password

Bagi yang tidak pernah memegang atau memiliki HP, Komputer, peralatan elektronik modern dan tidak memiliki ATM bank, mungkin kata password jarang atau tidak pernah didengar oleh mereka.

Namum sebaliknya bagi sebagian bahkan kebanyakan orang yang sudah melek teknologi khususnya bidang elektronik, password bukanlah sesuatu yang asing didengar karena password merupakan pintu gerbang yang digunakan untuk memvalidasi otoritas dan identitas kepemilikan  tentang informasi akses yang anda miliki.


Seberapa Kuat Password Anda

Password memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga akun privasi anda, jika password anda lemah atau diketahui oleh orang lain, maka anda bisa mendapat kerugian berupa materi maupun non materi, parahnya lagi privasi anda juga akan sangat terancam karenanya.

Seberapa kuatkah password yang anda buat sekarang ini?? Ada banyak tool yang dapat anda manfaatkan untuk menguji kekuatan password, hasil pengujian kekuatan password antara tool satu dan yang lainnya hanya ada sedikit perbedaan, hal tersebut dikarenakan ada perbedaan dalam menggunakan parameter pengujian.

Untuk menguji kekuatan PASSWORD silakan baca di Cara mengukur kekuatan password .


Tips Mengamankan Password Anda
  • Ganti password anda secara berkala (mencegah pihak ke tiga menghafal dan mencuri password anda)
  • Gunakan password yang berbeda – beda pada setiap account yang anda miliki (mencegah kemungkinan password anda dibobol, dicuri atau diketahui oleh orang lain lewat website yang memiliki modus kejahatan seperti physing serta aktifitas kejahatan lainnya seperti spyware, dll yang mencoba masuk ke account lainnya dengan mencoba menggunakan user ID dan password yang sama )
  • Biasakan membuat password yang terdiri dari kombinasi angka, huruf besar kecil serta symbol (mencegah dan mempersulit program bruteforce attack mencoba menebak password)
  • Biasakan membuat password diatas 12 karakter (membutuhkan waktu bertahun tahun lamanya untuk membajak password yang terdiri dari minimal 12 kharakter, apalagi dikombinasikan, huruf besar kecl, angka dan simbol)
  • Jangan berikan password pada siapapun juga termasuk pada orang terdekat anda sekalipun (mencegah dan menghindari penyalahgunaan)
  • Jangan menyimpan password anda pada coretan kertas, diary, buku dan media lainnya yang memungkinkan orang lain mudah mendapatkan password anda (menghindari kemungkinan orang terdekat atau siapaun juga mengetahui password anda)
  • Lindungi komputer anda dengan Anti-Virus & Anti-Spyware (mencegah pencurian password dan data penting dari akses komputer anda terhadap serangan spyware & Adware yang ditanam lewat program / script tertentu seperti Trojan, keyloger, hijacker dll)
  • Gunakan CS-MAnProfit untuk mengelola database akun, user ID dan password anda.


Waspada Sebelum Terjadi Masalah

Kemampuan manusia itu tidak memiliki batasan, karenanya manusia mampu membuat dan merekayasa hal - hal yang sangat luar biasa termasuk membuat sitem keamanan.

Kemampuan ini pulalah yang membuat pihak tertentu mampu mengurai sistem keamanan yang dibuat oleh orang lain.

Hal itu tak lain karena semua hal mengenai suatu pemikiran ada rumusan dan algoritma logikanya.

Tidak ada satu passwordpun yang tidak dapat ditebak, semua hanya tinggal waktu saja..!! Jika perlindungan dengan tingkat pengamanan maksimal saja mampu ditembus, tentu saja lebih fatal jika anda tidak berusaha mengamankan akun dan password anda sebaik mungkin.

Untuk menagantisipasi dan mengamankan sistem login pada akun website anda, silakan anda mencoba menggunakan software CS-MANPROFIT. Software ini didesain untuk mengelola akun website dan mengamankan akses login website seperti user id dan password.

No comments:

Post a Comment