Cara mengukur kekuatan password ¤ COSOFT INTIMEDIA

Cara mengukur kekuatan password

Cara mengukur kekuatan password
Password  atau passphrase atau kata sandi adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Password juga dapat diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan sebagai pengenal.[Wikipedia]

Password memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga akun privasi anda, jika password anda diketahui oleh orang lain, maka anda bisa mendapat kerugian berupa materi maupun non materi, parahnya lagi privasi anda juga akan sangat terancam karenanya.

Untuk mengetahui password akun seeorang dapat dikatakan tidak sulit dan juga tidak gampang!! mengapa? ya secara sederhananya saya jawab, karena saat ini sudah banyak beredar alat atau software yang mampu meng ATTACK password akun seseorang!!. Namun yang pasti, bagaimana agar password anda TIDAK MUDAH diketahui oleh orang lain selain oleh anda sendiri? itulah pertanyaan yang harus anda jawab! untuk menjawabnya sebaiknya anda baca Bagaimana sebaiknya anda mengamankan password?. Dan bila anda agar anda tidak dipusingkan menghapal akun yang banyak dan kombinasi password yang rumit sebaiknya anda baca Software pengelola akun Website dan pengaman Password serta mengelola pendapatan bisnis online.

Seberapa kuatkah password yang anda buat sekarang ini?? Ada banyak tool yang dapat anda manfaatkan untuk menguji kekuatan password, hasil pengujian kekuatan password antara tool satu dan yang lainnya hanya ada sedikit perbedaan, hal tersebut dikarenakan ada perbedaan dalam menggunakan parameter pengujian.

Dibawah ini saya tunjukkanbeberapa situs website yang membeikan tools untuk menguji atau mengukur kekuatan password anda.


Microsoft
Cara mengukur kekuatan password
Kekuatan password tergantung pada jenis karakter yang anda gunakan, microsoft menyarankan agar anda membuat panjang keseluruhan password lebih dari 8 karakter, hal ini bertujuan agar password anda sulit untuk ditebak


Google
Cara mengukur kekuatan password
Google mempunyai fasilitas tersembunyi untuk mengukur dan menganalisa kekuatan password, parameter hasil yang ditampilkan berupa angka dari 1 sampai 4, dimana angka 1 menunjukkan passwor anda tidak aman dan angka 4 mewakili sangat aman. Untuk menggunakan tool ini tekan link google diatas atau anda boleh mengetinya di address bar browser anda seperti gambar diatas. Perhatikan gambar diatas! m4sukkanp@swordandT adalah mewakili password, jadi silakan ganti password tersebut sesuai dengan password yang anda inginkan kemudian tekan enter, dan lihat hasilnya!


Passwordmeter
Cara mengukur kekuatan password
Disini Password dinilai berdasarkan seberapa banyak karakter yang unik yang anda gunakan, memberi pertimbangan menggunakan campuran huruf besar, huruf kecil, nomor, dan simbol. Hal ini adalah cara terbaik untuk mencegah hacker mengattack password anda. Namun, tidak semua layanan Web memungkinkan karakter khusus seperti & dan @, dan banyak huruf yang tidak sensitif.


Testyourpassword
Cara mengukur kekuatan password
Adalah salah satu tools yang paling berguna dari cara-cara untuk menguji kekuatan password.


Howsecureismypassword
Cara mengukur kekuatan password
Anda hanya cukup mengetik password pada textbox yang tersedia, dan secara otomatis sistem akan mengkalkulasi kekuatan password anda. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk meng-hack password Anda semakin bagus password anda.

Semoga informasi ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment